bangunan kuno

Nilai artistik bangunan kuno peninggalan Belanda di Kota Salatiga, Jawa Tengah cukup tinggi dan mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi daerah ini.

“Melihat kondisi bangunan kuno di daerah ini masih terawat dengan baik, maka pemkot dan masyarakat setempat sebaiknya tetap mempertahankan bangunan tersebut,” kata Budi Pradipta, SE., MM, seorang pemerhati kepariwisataan di Kota Salatiga, Kamis (19/02).

“Karena selain sebagai aset juga berfungsi menjadi daya tarik wisata termasuk wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Budi menilai, Pemkot Salatiga masih konsisten dalam upaya mempertahankan bangunan-bangunan kuno di kota ini yang berjumlah puluhan, bahkan masih ada ratusan bangunan kuno. Selama ini, kota setempat menyimpan bangunan kuno peninggalan Belanda yang tetap dipertahankan sebagai kantor, sekolah dan tempat tinggal.

Kota Salatiga itu sendiri mempunyai luas wilayah sekitar 60 km2 terbagi menjadi empat kecamatan yakni, Kecamatan Tingkir, Argomulyo, Sidorejo dan Sidomukti.

Kota yang menghubungkan antara Kota Semarang dan Surakarta berjarak tempuh antara satu jam hingga satu setengah jam ini memiliki potensi objek wisata unggulan yang dapat dijadikan daya tarik bagi wisatawan asing maupun nusantara.

Selain memiliki bangunan kuno peninggalan Belanda yang memiliki nilai artistik tinggi, kota ini berhawa sejuk dan dikelilingi panorama alam yang indah./ant/itz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: